Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Pentagon Siapkan Rencana Kunjungan Ketua DPR AS Kevin McCarthy ke Taiwan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 25 Januari 2023, 12:03 WIB
Pentagon Siapkan Rencana Kunjungan Ketua DPR AS Kevin McCarthy ke Taiwan
Janji Ketua DPR AS Kevin McCarthy/Net
Janji Ketua DPR AS Kevin McCarthy untuk berkunjung ke Taiwan akan segera menjadi kenyataan menyusul pernyataan seorang pejabat Washington.

Pejabat tersebut, menurut laporan Punchbowl News mengatakan bahwa Pentagon sedang mempersiapkan kunjungan McCarthy pada akhir tahun ini.

"Pejabat pemerintah AS mengantisipasi McCarthy akan mengunjungi Taiwan pada musim semi," kata laporan itu, seperti dikutip dari Taipei Times, Selasa (24/1).

Sebelum diangkat menjadi ketua DPR, McCarthy telah berjanji untuk mengunjungi Taiwan. Dia juga mengatakan bahwa dirinya sebenarnya ingin bergabung dengan delegasi Ketua DPR AS saat itu Nancy Pelosi ketika dia mengunjungi Taiwan pada Agustus tahun lalu.

Kunjungan Pelosi selama 19 jam ke Taipei menandai pertama kalinya dalam 25 tahun seorang pembicara DPR AS mengunjungi Taiwan.

Ketika itu Beijing bereaksi keras dengan meningkatkan serangan dan meluncurkan latihan militer skala besar di sekitar Taiwan.

Ketika ditanya dalam sebuah wawancara minggu lalu dengan The Associated Press apakah McCarthy harus memenuhi janjinya untuk mengunjungi Taiwan, Perwakilan AS Hsiao Bi-khim mengatakan itu akan menjadi keputusannya.

“Tapi saya pikir pada akhirnya orang-orang Taiwan telah menyambut pengunjung dari seluruh dunia,” katanya, seraya menambahkan bahwa Beijing “tidak berhak memutuskan atau menentukan bagaimana kita terlibat dengan dunia.”
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA