Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tokoh Senior ISIS Tewas dalam Operasi Militer Pimpinan AS di Somalia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 27 Januari 2023, 09:09 WIB
Tokoh Senior ISIS Tewas dalam Operasi Militer Pimpinan AS di Somalia
rmol news logo Kelompok militan Negara Islam (IS) kembali kehilangan salah satu pejabat senior mereka setelah operasi militer pimpinan Amerika Serikat berhasil melumpuhkannya di wilayah Somalia utara.

Menurut keterangan pejabat senior AS pada Kamis (26/1), Bilal al-Sudani, fasilitator keuangan utama untuk organisasi teroris ISIS, tewas dalam operasi khusus di kompleks gua pegunungan.

Pejabat senior dengan sarat anonimitas mengatakan operasi itu dilakukan setelah pada pekan lalu Presiden Joe Biden diberi pengarahan minggu lalu tentang misi yang sudah direncanakan selama berbulan-bulan.

"Sudani, yang telah berada di radar pejabat intelijen AS selama bertahun-tahun, memainkan peran kunci dalam membantu mendanai operasi ISIS di Afrika serta cabang teroris ISIS-K yang beroperasi di Afghanistan," kata para pejabat tersebut, seperti dikutip dari AFP, Jumat (27/1).

Dia awalnya mendapat sanksi Departemen Keuangan pada tahun 2012 atas perannya di kelompok al-Shabab, organisasi teroris lainnya yang beroperasi di Somalia.

"Mengingat lokasi operasi yang terpencil, penilaiannya adalah tidak ada warga sipil yang terluka atau terbunuh. Melindungi warga sipil tetap menjadi bagian penting dari operasi komando untuk meningkatkan keamanan yang lebih besar bagi semua orang Afrika," kata Komando Afrika AS dalam sebuah pernyataan.

Operasi itu dilakukan beberapa hari setelah Komando Afrika mengatakan telah melakukan serangan pertahanan diri kolektif di timur laut Mogadishu, ibu kota, dekat Galcad. Dalam insiden itu, pasukan Tentara Nasional Somalia terlibat dalam pertempuran sengit menyusul serangan yang berkepanjangan dan intens oleh lebih dari 100 pejuang al-Shabab.

AS memperkirakan sekitar 30 pejuang al-Shabab tewas dalam operasi tersebut. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA