Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sempat Hancur Saat Gempa 2016, Bandara Ekuador Buka Rute Internasional Pertama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 27 Januari 2023, 19:27 WIB
Sempat Hancur Saat Gempa 2016, Bandara Ekuador Buka Rute Internasional Pertama
Bandara Internasional Eloy Alfaro di kota pesisir Manta, Ekuador/Net
rmol news logo Bandara Internasional Eloy Alfaro di kota pesisir Manta, Ekuador yang baru dibangun kembali setelah sempat hancur karena gempa dahsyat 2016, kini membuka rute internasional pertamanya pada Kamis (26/1).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Diumumkan oleh Presiden Ekuador Guillermo Lasso, rute langsung antara Manta dan Panama akan mulai beroperasi pada 27 Juni mendatang, dengan tiga penerbangan mingguan dijadwalkan melalui Copa Airlines.

Pembukaan jalur internasional ini akan membuka peluang bagi Ekuador, khususnya Manta untuk meningkatkan keuntungan dalam sektor pariwisata, perdagangan luar negeri, serta berbagai sektor lainnya.

“Ini merupakan tonggak sejarah bagi Provinsi Manabi yang akan diuntungkan secara langsung dan bagi ribuan bisnis lokal dan provinsi karena transportasi udara merupakan dinamika pembangunan ekonomi yang besar,” katanya.

Dimuat Rio Times pada Jumat (27/1), bandara ini dibangun kembali dengan dukungan dari Pemerintah China dan Bank Ekspor-Impor China (China EximBank) melalui kredit lunak setelah infratruktur di bandara itu hancur, karena gempa berkekuatan 7,8 magnitudo pada 16 April 2016 silam.

Menanggapi pembukaan itu, Menteri Pariwisata Niels Olsen menyoroti konektivitas Ekuador akan semakin meningkat seiring dengan dibukanya jalur internasional ke Panama.

Mereka juga telah menghapus pajak 5 persen pada September 2021 kemarin atas arus keluar mata uang asing ke maskapai asing untuk meningkatkan daya saing dan konektivitas negaranya.

“Konektivitas internasional sudah kita pulihkan sekitar 81 persen, di atas pemulihan kawasan yang menempatkan negara kita pada posisi yang cukup menguntungkan,” ujarnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA