Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Estonia, Dubes Latvia Diusir Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 29 Januari 2023, 09:51 WIB
Dukung Estonia, Dubes Latvia Diusir Rusia
Duta Besar Latvia, Maris Riekstins/Net
Moskow Beri Dubes Latvia Tenggat Waktu Dua Minggu untuk Tinggalkan Rusia

RMOL. Rusia mengusir Duta Besar Latvia Maris Riekstins setelah negara Baltik itu menyatakan aksi solidaritas kepada perwakilan Estonia yang juga diperintahkan angkat kaki sebelumnya.

Dalam sebuah pernyataan pada Jumat (27/1), Kementerian Luar Negeri Rusia memberikan tenggat waktu dua pekan bagi Dubes Riekstins untuk meninggalkan Moskow.

"Duta Besar Latvia Maris Riekstins diperintahkan untuk meninggalkan Federasi Rusia dalam waktu dua minggu," kata Kemlu Rusia, seperti dimuat The Moscow Times pada Sabtu (28/2).

Lebih lanjut Kemlu Rusia menyebut keputusan Latvia untuk menurunkan hubungan diplomatik terlebih dahulu terhadap Rusia akan memiliki konsekuensi ke depannya.

Pengusiran terhadap Latvia dilakukan setelah negara itu menunjukkan aksi solidaritasnya kepada Dubes Estonia yang diusir lebih dulu dari Rusia karena tuduhan Russophobia.

Dua negara Baltik itu dianggap telah menempuh langkah-langkah permusuhan terhadap Rusia.

Ketegangan antara Rusia dan tetangganya di Eropa meningkat setelah Presiden Vladimir Putin mengirim pasukan Rusia ke Ukraina pada 24 Februari tahun lalu.

Negara Baltik lainnya, yakni Lithuania, juga telah menurunkan hubungan diplomatiknya dengan Rusia sejak April tahun lalu setelah serangan Rusia di wilayah pinggiran kota Kyiv, Bucha. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA