Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapsul Radioaktif Hilang, Warga Australia Barat Terancam Kena Radiasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 30 Januari 2023, 08:19 WIB
Kapsul Radioaktif Hilang, Warga Australia Barat Terancam Kena Radiasi
Ilustrasi/Net
rmol news logo Sebuah kapsul radioaktif yang hilang telah membahayakan warga di wilayah Australia Barat dengan ancaman radiasi.  

Menanggapi risiko tersebut, pihak berwenang akhirnya mengeluarkan peringatan berbahaya dari zat radioaktif di beberapa kota di Australia Barat, termasuk Perth pada Jumat (27/1).

Kepala petugas kesehatan Australia Barat, Andrew Robertson mengatakan jika kapsul itu ada di dekat tubuh manusia, maka akan menyebabkan kemerahan pada kulit dan luka bakar akibat radiasi.

“Jika disimpan cukup lama dan mereka terpapar cukup lama, mereka dapat memiliki efek yang lebih akut, termasuk dampak pada sistem kekebalan tubuh mereka,” jelasnya, seperti dimuat The National News pada Sabtu (28/1).  

Departemen Pemadam Kebakaran dan Layanan Darurat mengatakan kapsul perak kecil berisi Caesium-137 hilang dalam perjalanan dari utara Newman ke pinggiran timur laut Perth.

Kapsul itu dibawa dari tambang Rio Tinto dengan truk sejak 12 Januari lalu, namun hingga kini kapsul tidak kunjung ditemukan. Diduga getaran truk menyebabkan alat pengukur itu hancur dan kapsul kemudian keluar dari dalamnya.

Saat ini petugas tengah dikerahkan untuk mencari bahan radioaktif di seluruh kota di Australia Barat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA