Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Azerbaijan Gelar Upacara Pemakaman Staf Kedubes Korban Serangan Teror di Iran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 30 Januari 2023, 17:26 WIB
Azerbaijan Gelar Upacara Pemakaman Staf Kedubes Korban Serangan Teror di Iran
Upacara pemakaman Orxan Asgarov, kepala penjaga keamanan kedutaan pada Senin, 30 Januari 2023/Net
rmol news logo Azerbaijan mengadakan upacara perpisahan untuk mengenang jasa Orxan Asgarov, kepala penjaga keamanan kedutaan besar yang tewas dalam serangan mematikan di Teheran, Iran pada Jumat (27/1).

Upacara pemakaman Asgarov dilakukan di Second Alley of Martyrs di Baku pada Senin (30/1). Sejumlah pejabat, kerabat, dan rekan turut hadir untuk memberikan ucapan selamat tinggal terakhir.

Insiden berdarah yang dilakukan oleh pria bersenjata yang memasuki kantor kedutaan Azerbaijan telah menewaskan Asgarov dan melukai dua petugas keamanan lainnya.

Sebanyak 53 staf kedutaan telah dievakuasi ke Azerbaijan pada Minggu malam (29/1) waktu setempat. Sementara tersangka telah ditahan oleh pihak berwenang Iran.

Menanggapi insiden itu, Wakil Menteri Luar Negeri Xalaf Xalafov telah meminta Iran untuk bertanggung jawab dengan melakukan penyelidikan menyeluruh, terperinci, dan transparan atas aksi teroris tersebut.

"Menurut pasal-pasal Konvensi Wina yang relevan, negara yang menjadi tuan rumah kedutaan bertanggung jawab atas keamanannya. Iran, sebagai sebuah negara, bertanggung jawab atas tindakan teroris dan konsekuensinya yang parah," kata Xalafov, seperti yang dimuat Azer News.

Ia juga meminta agar kejadian tersebut tidak kembali terulang di masa depan dan mendesak pihak Iran untuk memastikan keselamatan warga negaranya yang bekerja di sana. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA