Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bolsonaro Ajukan Visa Turis di AS, Hindari Penyelidikan Kerusuhan Brasilia?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 31 Januari 2023, 09:28 WIB
Bolsonaro Ajukan Visa Turis di AS, Hindari Penyelidikan Kerusuhan Brasilia?
Mantan Presiden Brasil Jair Bolsonaro/Net
rmol news logo Mantan Presiden Brasil Jair Bolsonaro telah mengajukan visa turis dengan masa berlaku enam bulan untuk tetap berada di Amerika Serikat (AS).

Menurut pengacara Bolsonaro, Felipe Alecandre, pemerintah AS telah menerima aplikasi visa pada Jumat (27/1). Meski begitu Bolsonaro akan tetap berada di AS, sementara aplikasi visanya diproses.

"Dia ingin mengambil cuti, menjernihkan pikirannya, dan menikmati menjadi turis di Amerika Serikat selama beberapa bulan sebelum memutuskan apa langkah selanjutnya," ujar Alexandre, seperti dikutip Reuters.

Seorang jurubicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan catatan visa dirahasiakan berdasarkan hukum AS. Pihaknya juga tidak dapat membahas rincian kasus visa individu.

Bolsonaro terbang ke Florida, dua hari sebelum masa jabatannya berakhir pada 1 Januari dan Presiden Luiz Inacio Lula da Silva menjabat.

Banyak pihak mendesak agar AS mengekstradisi Bolsonaro karena diduga terlibat dalam kerusuhan yang disebabkan oleh massa pendukungnya di ibukota Brasilia.

Pendukung Bolsonaro menggeledah Kongres, Mahkamah Agung, dan istana kepresidenan Brasil, menyerukan kudeta militer untuk membatalkan Pilpres Oktober yang dimenangkan Lula.

Mahkamah Agung Brasil telah setuju untuk membuka penyelidikan terhadap Bolsonaro karena diduga mendorong protes anti-demokrasi.

Awal bulan ini, 41 anggota Dewan Perwakilan Rakyat AS dari Partai Demokrat meminta pemerintahan Presiden AS Joe Biden untuk bekerja sama dengan penyelidikan Brasil. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA