Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kunjungi Jepang, Sekjen NATO Perkuat Basis Asia Timur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 31 Januari 2023, 17:16 WIB
Kunjungi Jepang, Sekjen NATO Perkuat Basis Asia Timur
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg/Net
rmol news logo Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) semakin gencar memperkuat hubungan dengan sekutu-sekutunya di Asia, salah satunya Jepang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg bahkan melakukan kunjungan ke Jepang pada Selasa (31/1) untuk membuktikan upaya mempererat hubungan tersebut.

Kunjungan ke Jepang dilakukan sehari setelah ia mengunjungi Korea Selatan.

“Perang di Ukraina telah menjadi permasalahan kita semua. Kami pun berterima kasih atas dukungan yang diberikan Jepang untuk menggunakan sejumlah pesawat dan kemampuan kargonya,” kata Stoltenberg, seperti dimuat Associated Press.

Stoltenberg menyebut, menyatukan seluruh kekuatan dari mitra NATO merupakan hal penting yang bisa dilakukan, karena hal tersebut dinilai dapat meruntuhkan sistem pertahanan yang dimiliki oleh Rusia dan mencegah mereka menang atas invasi itu.

“Jika Presiden Vladimir Putin menang di Ukraina itu akan menjadi tragedi bagi Ukraina, dan juga akan mengirimkan sinyal yang sangat berbahaya kepada para pemimpin otoriter di seluruh dunia,” ujarnya.

Menurut Stoltenberg, negara yang memiliki pemimpin otoriter dikhawatirkan akan melakukan hal serupa (invasi) ke negara lain, dengan mengerahkan seluruh kekuatan militernya, seperti yang dilakukan oleh Rusia.

Untuk itu, NATO tengah menggencarkan upayanya dalam membawa banyak dukungan dari para mitranya untuk Ukraina.

Stoltenberg dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida rencananya akan mengadakan konferensi pers bersama, tentang hubungannya dengan NATO pada Selasa malam waktu setempat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA