Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Badan Nuklir Australia Bantu Cari Kapsul Radioaktif yang Hilang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 01 Februari 2023, 09:48 WIB
Badan Nuklir Australia Bantu Cari Kapsul Radioaktif yang Hilang
Seorang anggota Tim Manajemen Insiden mengoordinasikan pencarian kapsul radioaktif yang hilang oleh kontraktor yang disewa Rio Tinto/Net
rmol news logo Perburuan mencari kapsul radioaktif yang hilang di sepanjang jalan Australia Barat menjadi lebih ringan setelah Badan Perlindungan Radiasi dan Keselamatan Nuklir Australia (ARPANSA) turut ambil bagian.

Dalam sebuah pernyataan pada Senin (30/1), ARPANSA menyebut pihaknya telah mengirimkan tim yang dilengkapi dengan alat khusus untuk menemukan kapsul mini berbahaya itu.

"ARPANSA telah mengirimkan tim pengerahan dengan peralatan deteksi khusus yang dipasang di mobil dan portabel untuk mendukung pencarian rute transportasi antara wilayah Pilbara dan Perth," ungkap pernyataan itu, seperti dimuat Street Insider.

Kontribusi ARPANSA dalam pencarian akan mulai dilakukan pada Selasa (31/1).

Selain ARPANSA, Organisasi Sains dan Teknologi Nuklir Australia (ANSTO) juga telah mengirimkan tim penyebaran spesialis layanan radiasi, dan peralatan deteksi serta pencitraan untuk membantu pencarian.

Aparat di wilayah Australia Barat sedang menangani tugas berat untuk mencari sebuah kapsul radioaktif milik perusahaan tambang Ri Tinto yang jatuh dari sebuah truk di sepanjang 1.400 kilometer dari Newman ke Kimberley, Perth.

Dampak radiasi dari kapsul yang biasa digunakan untuk mengukur biji besi itu mendorong pemerintah setempat mengumumkan periangatan bahaya pada Minggu (30/1). rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA