Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Incar Kekayaan Negara, Akal Bulus China Mulai Tercium Taliban

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 01 Februari 2023, 14:46 WIB
Incar Kekayaan Negara, Akal Bulus China Mulai Tercium Taliban
Pemimpin Taliban Mullah Haibatullah Akhundzada dan Presiden China, Xi Jinping/Net
rmol news logo Tujuan utama China melebarkan pengaruhnya di Afghanistan, perlahan mulai terlihat dan disadari Taliban. Hal tersebut disampaikan oleh Jaringan Diaspora Afghanistan dalam sebuah laporan yang dirilis pada Selasa (31/1).

Menurut laporan itu, Taliban mulai memahami niat China yang sebenarnya dari kedekatan hubungan mereka, yaitu  China berusaha menyedot sumber daya Afghanistan untuk kepentingan strategisnya sendiri.

Ini terlihat pada pekan lalu, di mana Taliban menindak serius para pelaku penyelupan batu  yang dilakukan oleh warga negara China. Dari lima tersangka penyeludukan, dua di antaranya merupakan warga Beijing yang berusaha menyelundupkan  1.000 metrik ton batuan yang mengandung lithium keluar Afghanistan menuju China melalui Pakistan.

Dimuat ANI News, China mencoba untuk mengisi kekosongan Amerika Serikat yang telah hengkang kaki dari Afghanistan sejak Taliban berkuasa pada Agustus 2021.

China adalah satu dari sedikit negara yang mempertahankan Kedutaan Besarnya di Kabul dan berfungsi penuh sejak pengambilalihan Taliban.

Sejumlah pengusaha China dilaporkan tetap bertahan di Afgahanistan, terlebih negara itu juga dikabarkan mensponsori perdagangan bilateral terbatas dengan perusahaan pemerintah Beijing. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA