Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hilang Selama Seminggu, Kapsul Radioaktif Ditemukan di Australia Barat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 01 Februari 2023, 17:30 WIB
Hilang Selama Seminggu, Kapsul Radioaktif Ditemukan di Australia Barat
Petugas sedang mencari kapsul radioaktif yang berukuran seperti kacang di sepanjang jalan sejauh 1.400 kilometer/BBC
rmol news logo Kapsul radioaktif yang hilang dan sempat menggemparkan Australia telah ditemukan oleh pihak berwenang di Australia Barat pada Rabu (1/2), setelah pencarian selama hampir satu minggu.

Menurut Menteri Layanan Darurat Stephen Dawson, saat ini militer sedang memverifikasi kapsul tersebut dan akan membawanya ke fasilitas yang aman di Perth pada Kamis (2/2).

Dalam pencariannya yang berhasil, layanan darurat memberikan penghormatan kepada kerja sama yang baik dari berbagai lembaga yang membantu penyisiran itu,  meskipun peluang ditemukannya kapsul itu hampir tidak memungkinkan.

“Ketika Anda mempertimbangkan ruang lingkup area pencarian (yang luas), menemukan objek ini merupakan tantangan yang sangat besar. Kelompok pencari benar-benar telah menemukan jarum di tumpukan jerami,” kata Dawson.

Dimuat BBC, selama perburuan, layanan darurat Autralia menggunakan peralatan khususnya untuk mencari kapsul radioaktif tersebut, termasuk dengan menggunakan alat detektor radiasi.

Raksasa pertambangan Rio Tinto sebelumnya pada pekan lalu telah meminta maaf atas hilangnya perangkat yang membuat gempar negara itu, karena dapat menimbulkan bahaya yang serius, seperti kerusakan kulit, luka bakar, atau penyakit lainnya jika ditangani oleh masyarakat awam. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA