Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Es Antartika Meleleh, Kapal Australia Mampu Lewat Hingga Capai Rekor Terjauh

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 02 Februari 2023, 08:37 WIB
Es Antartika Meleleh, Kapal Australia Mampu Lewat Hingga Capai Rekor  Terjauh
Kapal Laura Basi milik Australia yang mampu capai jarak terjauh wilayah Antartika pada Selasa, 31 Januari 2023/Net
Untuk pertama kalinya, kapal pemecah es Australia mampu melewati lautan Antartika Selatan dengan jarak terjauh dibandingkan kapal-kapal lain di dunia.

Kapal bernama Laura Basi berlayar pada Selasa (31/1) dengan membawa para ilmuwan yang akan meneliti lebih jauh mengenai bagaimana es semakin menyusut di sekitar kutub.

Menurut Institut Oseanografi dan Geofisika Terapan Nasional Italia, kapal itu mampu mencapai jarak terjauh di Antartika pada koordinat 78° 44.280 S di Teluk Paus, Laut Ross.

Kapten kapal, Franco Sedmak, menyebut capaian itu menjadi sebuah kebanggaan bagi kapal milik Australia, namun juga prihatin karena es yang mencair menandakan bumi sedang tidak baik-baik saja.

"Saya senang membuat rekor, tetapi pada saat yang sama saya sedih melihat banyak hal berubah di sini di Antartika dan di dunia pada umumnya," ujarnya seperti dimuat Reuters.

Pada 2017, kapal Australia yang berbeda pernah berlayar ke Antartika Selatan dan tidak mampu melewati area tersebut karena ketebalan es yang tidak bisa ditembus.

Tetapi saat ini, kapal Laura Basi berhasil mencapai jarak terjauh karena es Antartika yang terus meleleh akibat pemanasan global.

Para peneliti mengambil sampel untuk mempelajari ikan di perairan dan menjelajah hingga kedalaman 216 meter untuk membantu mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang arus laut.

ARTIKEL LAINNYA