Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Azerbaijan Tangkap 39 Orang atas Dugaan Terlibat Jaringan Mata-mata Iran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 02 Februari 2023, 12:23 WIB
Azerbaijan Tangkap 39 Orang atas Dugaan Terlibat Jaringan Mata-mata Iran
Ilustrasi/Ft: Azer News
rmol news logo Aparat Azerbaijan menahan 39 orang yang terlibat dalam kegiatan subversif berkedok agama dan "jaringan spionase".

Menurut Kementerian Dalam Negeri, para tahanan menyamar sebagai orang beriman dan membuat propaganda untuk Iran di jejaring sosial dan menyalahgunakan kebebasan beragama di Azerbaijan dan menjalankan tugas dinas khusus Iran.

"Dengan tujuan mendiskriminasi atas dasar agama dan menghasut kebencian antaragama, mereka menggunakan atribut Iran serta bendera hitam dengan berbagai prasasti dalam bahasa Persia di jejaring sosial dan pada upacara keagamaan yang diikuti warga Azerbaijan," tulis Azer News dalam laporannya pada Rabu (1/2).

Mereka juga menyebarkan kebingungan di masyarakat dengan mengumpulkan informasi dan memberikannya ke layanan khusus dari mana mereka mendapatkan tugas.

Salah satu tahanan adalah Kepala Kantor Informasi SalamNews dan televisi InterAz, Matlab Bagirov alias Haji Matlab, yang juga ditahan akibat operasi khusus yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri.

Ketegangan antara Iran dan Azerbaijan meningkat menyusul serangan bersenjata pekan lalu di kedutaan Azerbaijan di Teheran yang menyebabkan seorang pejabat keamanan Azerbaijan tewas dan melukai dua lainnya.

Sementara Azerbaijan mengatakan serangan bersenjata di kedutaannya itu adalah tindakan "teroris", Iran justru mengatakan tidak bertanggung jawab dan bahwa pelaku memiliki motif pribadi, bukan politik. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA