Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bantu Tetangga, Jamaika Siap Kirim Pasukan Militernya ke Haiti

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 02 Februari 2023, 13:13 WIB
Bantu Tetangga, Jamaika Siap Kirim Pasukan Militernya ke Haiti
Perdana Menteri Jamaika, Andrew Holness/AP
rmol news logo Jamaika bersedia mengirim pasukan militer dan petugas kepolisiannya ke Haiti, sebagai bentuk dukungan untuk membantu mengamankan wilayah tersebut, seperti apa yang diserukan oleh PBB.

Hal ini disampaikan oleh Perdana Menteri Jamaika Andrew Holness kepada Dewan Perwakilan Haiti pada Selasa (31/1), bahwa pemerintah bersedia mengerahkan pasukan untuk tetangganya yang selama ini memiliki hubungan baik dengan Jamaika.

“Jamaika bersedia untuk berpartisipasi dalam pengerahan bantuan keamanan multinasional ke Haiti di bawah parameter yurisdiksi yang sesuai untuk mendukung tingkat stabilitas dan perdamaian, yang akan diperlukan agar proses demokrasi inklusif dapat berakar," ujarnya yang dimuat Miami Herald.

Seluruh pasukan militer, tambah Holness, kini telah disiagakan dengan pemerintah tengah memulai proses perencanaan penempatan pasukannya ke Haiti sesegera mungkin.

Pada Oktober, Perdana Menteri sementara Haiti, Ariel Henry, telah mengeluarkan permohonan bantuan pasukan militer kepada masyarakat internasional, untuk dapat membantu mereka melawan kelompok geng yang telah menyebabkan kekacauan di negaranya itu.

Kini di tengah kekerasan yang terus meluas, setidaknya 78 petugas polisi telah tewas di negara itu selama satu tahun terakhir ini, yang membuat Haiti kini semakin kekurangan aparat keamanannya.

Sementara itu, kematian anggota polisi yang mencapai 10 orang dalam satu pekan baru-baru ini juga telah memicu kemarahan dan aksi protes yang dilakukan oleh anggota polisi, untuk menuntut tanggung jawab dari pemerintah atas kematian puluhan rekannya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA