Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Demam Lassa Tewaskan 13 Orang, Nigeria Berlakukan Darurat Kesehatan untuk Wilayah Benue

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 02 Februari 2023, 14:20 WIB
Demam Lassa Tewaskan 13 Orang, Nigeria Berlakukan Darurat Kesehatan untuk Wilayah Benue
Petugas kesehatan sedang mengangkut pasien yang meninggal dunia akibat Demam Lassa di Nigeria/BBC
rmol news logo Nigeria melaporkan 13 kematian, dengan 37 orang positif terinfeksi wabah Demam Lassa di negara bagian Benue pada Rabu (1/2).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menurut laporan dari Direktur Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan, Terna Kur, mengatakan sejauh ini ada 194 total kasus suspek demam Lassa di negara bagian tersebut.

"Demam Lassa terbaru di negara bagian itu ada 13 orang yang sejauh ini telah dikonfirmasi meninggal, dari 194 kasus yang dicurigai," kata Kur dalam laporannya.

Seperti dimuat All Africa pada Kamis (2/2), wabah ini, menurut komisaris untuk layanan kesehatan dan manusia, Joseph Ngbea,  dinyatakan sebagai darurat kesehatan di Benue karena telah menjangkit ratusan masyarakat.

"Saya ingin memberi tahu bahwa Demam Lassa sekarang menjadi darurat kesehatan masyarakat di Benue, karena banyak orang telah dites positif dan kami telah kehilangan begitu banyak pasien," kata Ngbea.

Sebagian besar masyarakat yang meninggal, menurut Ngbea, terlambat melaporkan kondisinya kepada petugas kesehatan, yang membuat mereka tidak mendapatkan penanganan yang tepat di rumah sakit setempat.

Kini, ia mengimbau agar masyarakat dapat menerapkan kebersihan pribadi, menutup atau memasak makanan dengan baik untuk mencegah terinfeksinya wabah terbaru setelah Covid-19 ini, juga menghindari mengkonsumsi tikus.

Komisaris Kesehatan itu juga mendesak masyarakat untuk dapat bekerja sama dengan pemerintah dalam melaporkan gejala awal yang dialami, jika mereka merasakan gejala-gejala seperti penyakit malaria, agar masyarakat bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA