Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PM Israel Benjamin Netanyahu Siap jadi Mediator Rusia dan Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 02 Februari 2023, 16:30 WIB
PM Israel Benjamin Netanyahu Siap jadi Mediator Rusia dan Ukraina
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu/Net
rmol news logo Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengaku bersedia untuk menjadi mediator bagi Rusia dan Ukraina. Meski pada saat bersamaan, Israel tengah mempertimbangkan bantuan militer untuk Kyiv.

Hal itu ia katakan dalam sebuah wawancara dengan CNN pada Rabu (1/2).

Pada kesempatan itu, Netanyahu membenarkan bahwa Amerika Serikat (AS) telah memindahkan persediaan artileri yang tidak banyak diketahui orang di Israel ke Ukraina.

“AS baru saja mengambil sebagian besar amunisi Israel dan meneruskannya ke Ukraina. Israel juga, sejujurnya, bertindak dengan cara yang tidak akan saya sebutkan di sini terhadap produksi senjata Iran yang digunakan untuk melawan Ukraina,” ujarnya, seperti dikutip Al Arabiya.

Di samping itu, Netanyahu juga mengungkap bahwa ia telah diminta AS untuk menjadi mediator tidak resmi antara Rusia dan Ukraina sejak Februari tahun lalu. Namun ketika itu ia menolaknya.

Meski begitu, Netanyahu mengatakan ia bersedia untuk menjadi mediator jika diminta.

"Saya sudah cukup lama mengetahui bahwa harus ada waktu dan keadaan yang tepat. Jika permintaan itu muncul, saya pasti akan mempertimbangkannya," tambah dia.

Sejak Rusia menginvasi Ukraina, Israel tidak membuat komitmen tegas untuk Kyiv, tetapi mempertahankan hubungan dengan Moskow. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA