Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pakistan Bebaskan 120 Pengungsi Afghanistan Tak Berdokumen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 02 Februari 2023, 17:53 WIB
Pakistan Bebaskan 120 Pengungsi Afghanistan Tak Berdokumen
Ilustrasi/Net
rmol news logo Sebanyak 120 pengungsi Afghanistan tanpa dokumen resmi yang sempat ditahan oleh otoritas Pakistan dilaporkan telah dibebaskan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menurut Kedutaan Besar Afghanistan di Islamabad yang dikuasai oleh Taliban pada Selasa (31/1), para pengungsi tersebut dipenjara di Sindh, dan diperkirakan akan ada lebih banyak pengungsi yang dibebaskan.

Dimuat Khaama Press, pembebasan pengungsi ilegal oleh Pakistan dilakukan di tengah meregangnya hubungan dengan Afghanistan akibat serangkaian serangan teror yang dilakukan oleh kelompok pemberontak Taliban Pakistan (TTP).

Setelah Taliban mengambil alih Afghanistan pada Agustus 2021, beberapa warga sipil melarikan diri ke berbagai negara untuk mencari perlindungan. Beberapa dari mereka juga pergi ke Pakistan.

Dalam laporan Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR), saat ini pengungsi resmi Afghanistan di Pakistan mencapai sekitar 1,3 juta. Sementara ribuan pengungsi ilegal diperkirakan juga menetap di sana.

Afghanistan sendiri mengklaim hampir 1.500 pengungsi Afghanistan yang tidak berdokumen masih berada di penjara Pakistan.

Sebagian besar dari para pengungsi ini adalah wanita dan anak-anak. Di antara mereka ada yang sakit dan ada yang sedang hamil. Karena fasilitas medis yang tidak memadai, beberapa perempuan telah melahirkan anak di penjara dan tidak dapat mengakses perawatan medis. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA