Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

CIA: Jangan Remehkan Ambisi Xi Jinping Kuasai Taiwan

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 03 Februari 2023, 11:53 WIB
CIA: Jangan Remehkan Ambisi Xi Jinping Kuasai Taiwan
Presiden China Xi Jinping/Net
Badan intelijen Amerika Serikat (AS), CIA, mengimbau agar dunia tidak meremehkan ambisi Presiden China Xi Jinping untuk menguasai Taiwan.

Direktur CIA William Burns mengatakan AS mengetahui dengan jelas bahwa Xi telah memerintahkan militer China untuk bersiap menginvasi Taiwan pada tahun 2027.

"Ini bukan masalah dia (Xi) memutuskan untuk menginvasi pada tahun 2027 atau tahun lainnya, tapi menjadi pengingat akan keseriusan fokus dan ambisi (Xi)," kata Burns dalam sebuah acara di Universitas Georgetown di Washington pada Kamis (2/2).

Saat ini, lanjut Burns, China tengah mempelajari perang antara Rusia dan Ukraina, termasuk kinerja militer Moskow yang buruk dan sistem persenjataan Kyiv.

"Penilaian kami di CIA adalah saya tidak akan meremehkan ambisi Presiden Xi sehubungan dengan  Taiwan," tambah Burns, seperti dikutip Reuters.

Invasi Rusia telah memicu kekhawatiran di Barat bahwa China kemungkinan melakukan langkah serupa di Taiwan.

China sendiri telah menahan diri untuk tidak mengutuk operasi Rusia melawan Ukraina, tetapi berhati-hati untuk tidak memberikan dukungan material langsung yang dapat memicu sanksi Barat seperti yang dikenakan pada Moskow.

ARTIKEL LAINNYA