Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Nyamar Jadi Tukang Pizza, Mafia Italia Ditangkap Usai Buron 16 Tahun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 03 Februari 2023, 16:43 WIB
Nyamar Jadi Tukang Pizza, Mafia Italia Ditangkap Usai Buron 16 Tahun
Edgardo Greco/Net
rmol news logo Seorang buronan dari organisasi mafia 'Ndrangheta di Italia, Edgardo Greco, dilaporkan telah berhasil ditangkap usai pelarian selama 16 tahun.

Menurut laporan The National, Greco yang saat ini berusia 63 tahun ditangkap di Prancis pada Kamis (2/2). Kini ia ditahan di Saint-Etienne.

Disebutkan Greco kabur ke Prancis sejak tahun 2014. Ia pernah menyamar sebagai pembuat pizza dan menjalankan restoran dengan nama samarannya, Paolo Dimitrio.

Greco pernah terlibat dalam dua pembunuhan pada 2006 lalu, dan percobaan pembunuhan terhadap Emiliano Mosciaro dalam perang antar geng pada awal 1990-an lalu.

Penangkapan Greco terjadi seminggu setelah polisi Italia mengatakan telah membongkar jaringan mafia 'Ndrangheta, salah satu kelompok mafia paling kuat yang mendominasi sebagian besar wilayah Calabria selatan, Italia.

Polisi juga telah menyita aset senilai lebih dari 270 juta dolar AS (Rp 4 triliun) dari jaringan mafia yang memiliki ikatan kuat perdagangan kokain dari Eropa ke Amerika Selatan itu.

Melalui operasi interpol yang dinamakan Kerja Sama Melawan Proyek 'Ndrangheta, sejauh ini sebagian besar anggota dari mafia itu telah diciduk oleh aparat keamanan.

"Sebanyak 56 orang sudah dipenjara, menjalani penyelidikan kriminal atas serangkaian kejahatan termasuk konspirasi terkait mafia, pemerasan, penculikan, penyuapan, dan kepemilikan senjata," kata polisi dan jaksa penuntut.

Menurut Menteri Dalam Negeri Italia, Matteo Piantedosi, penangkapan itu menunjukkan komitmen negaranya untuk memerangi segala bentuk kejahatan yang terorganisir dan menemukan buronan berbahaya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA