Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Menlu ASEAN Siap Ikuti Perhelatan AMM Retreat 2023

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 04 Februari 2023, 07:48 WIB
Menlu ASEAN Siap Ikuti Perhelatan AMM Retreat 2023
Menlu RI, Retno Marsudi dalam Konferensi Pers ACC ke 32 di Sekretariat ASEAN pada Jumat, 3 Februari 2023/Net
Selepas mengikuti agenda rapat ASEAN Coordinating Council (ACC) ke-32 pada Jumat (3/2), para Menteri Luar Negeri akan kembali mengadakan pertemuan untuk kegiatan utama yakni ASEAN Foreign Minister (AMM) Retreat pada Sabtu (4/2).

Pertemuan tersebut akan dipimpin oleh Menlu RI  Retno Marsudi selaku perwakilan dari tuan rumah dan Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023.

Para Menlu menuju gedung Sekretariat ASEAN di Jakarta pada pukul 07.30 WIB untuk mengikuti pembukaan AMM Retreat.

Menlu RI akan menyampaikan hasil rapat melalui konferensi pers yang akan digelar pada 10.30 WIB.

Menlu yang akan hadir secara langsung dalam AMM Retreat di antaranya, Menlu Singapura Vivian Balakrishnan, Menlu Brunei Darussalam Erywan Yusof, Menlu Malaysia Zambry Abdul Kadir, Menlu Kamboja Prak Sokhonn, Menlu Thailand Don Pramudwinai, Menlu Vietnam Bui Thanh Son, Menlu Filipina Enrique Manalo, Menlu Laos Saleumxay Kommasith, Menlu Timor Leste Adaljiza Albertina Xavier Reis Magno.

Sehari sebelumnya, pada Jumat (3/2) para Menlu telah melangsungkan agenda Working Lunch dan rapat ACC yang menghasilkan beberapa keputusan sebagai pedoman untuk KTT ASEAN Mei mendatang.

Acara tersebut menjadi pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN pertama di masa Keketuaan Indonesia di ASEAN sepanjang 2023.

Mengangkat tema ÔÇťASEAN Matters: Epicentrum of Growth", Keketuaan Indonesia akan mendorong upaya kerja sama ASEAN yang semakin kuat dalam merespon berbagai tantangan kawasan dan global seperti rivalitas geopolitik, dampak berkelanjutan pandemi dan bencana alam, krisis keuangan, krisis energi, krisis pangan.

Selain itu, penyelesaian krisis Myanmar melalui lima poin konsensus dan implementasi ASEAN Outlook on The Indo Pacific (AOIP) menjadi sorotan utama dalam agenda Keketuaan Indonesia di ASEAN.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA