Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tokoh Kemanusiaan: Dunia Tidak Berbuat Cukup untuk Mengakhiri Perang Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 04 Februari 2023, 15:58 WIB
Tokoh Kemanusiaan: Dunia Tidak Berbuat Cukup untuk Mengakhiri Perang Ukraina
Mario Giro/Net
rmol news logo Konflik militer Rusia dan Ukraina terus berlangsung hingga saat ini sejak dimulainya invasi Moskow Februari tahun lalu. Berbagai upaya perdamaian terus dilakukan meskipun belum mencapai hasil maksimal.

Menurut Mario Giro, juru bicara Comunita Di Santegidio, sebuah asosiasi kemanusiaan yang berbasis di Roma, Italia, mengatakan semua terjadi karena dunia tidak berbuat cukup untuk mengakhiri perang di Ukraina.

Giro mengatakan kepada The National bahwa ini adalah tanda bahwa sistem multilateral sedang mengalami krisis.

“Secara politis, kita tidak melakukan cukup. Dan ini sangat menyakitkan,” kata Giro, yang secara pribadi telah terlibat dalam negosiasi perdamaian setidaknya dalam 17 konflik termasuk di Libya dan Aljazair.

Comunita Di Santegidio mendapat penghargaan atas kontribusinya terhadap keberhasilan negosiasi perdamaian dan penyelesaian konflik melalui diplomasi agama dan dialog antar budaya, mempromosikan perdamaian di berbagai tempat di seluruh dunia, dari Guatemala hingga Mozambik.

Berbicara sebelum upacara penghargaan di Abu Dhabi pada Sabtu, Giro, mantan wakil menteri luar negeri Italia, mengatakan salah satu alasan organisasi seperti Comunita Di Santegidio berhasil ketika pemerintah gagal adalah karena tidak memiliki agenda tersembunyi.

“Negosiasi politik memiliki kepentingannya masing-masing,” katanya.

Namun, dia menambahkan, tidak ada yang mendekati organisasinya untuk merundingkan perdamaian antara Rusia dan Ukraina.

“Biasanya masyarakat internasional terburu-buru dalam hal mediasi. Anda membutuhkan banyak kesabaran," katanya.

Comunita Di Santegidio memiliki kantor perwakilan di 73 negara yang juga membantu pengungsi dan mendukung integrasi mereka ke dalam masyarakat tuan rumah melalui prakarsa “Koridor Kemanusiaan” mereka, yang juga memberikan dukungan kepada masyarakat miskin di seluruh dunia.

Giro mengatakan organisasinya sejauh ini berhasil menyelesaikan 6.000 pengungsi Suriah di berbagai negara di seluruh Eropa, meskipun ada tekanan politik.

“Ini terlepas dari lanskap politik sayap kanan. Ini menunjukkan bahwa masyarakat sipil jauh lebih ramah dan menerima daripada pemerintah mereka,” katanya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA