Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Api Meluas, Kebakaran Hutan di Chili Telan 22 Nyawa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 05 Februari 2023, 08:37 WIB
Api Meluas, Kebakaran Hutan di Chili Telan 22 Nyawa
Kebakaran hutan dan lahan di Chili/Net
rmol news logo Kebakaran hutan dan lahan di Chili semakin meluas lantaran gelombang panas membuat otoritas sulit mengendalikan api. Insiden ini juga membuat setidaknya 22 orang meninggal dunia

Pemerintah Chili telah memperpanjang dan memperluas keadaan darurat pada Sabtu (4/2). Saat ini mencakup wilayah selatan La Araucania, di sebelah wilayah Biobio dan Nuble.

"Kondisi cuaca membuat sangat sulit untuk memadamkan (kebakaran) yang menyebar dan keadaan darurat semakin memburuk," kata Menteri Dalam Negeri Carolina Toha, seperti The Globe and Mail.

Toha mencatat, sejak Jumat (3/2), tercatat ada 76 titik kebakaran yang muncul.

Pihak berwenang melaporkan 11 orang atau setengah dari korban yang dilaporkan sejauh ini, meninggal di kota Santa Juana di Biobio, terletak sekitar 500 km selatan Santiago.

Sejak akhir pekan lalu, helikopter telah menjatuhkan penghambat api di atas kobaran api karena kepulan asap menghalangi jalan raya.

Dengan keadaan darurat, pemerintah memungkinkan pengerahan tentara dan sumber daya tambahan untuk menangani bencana alam.

Data resmi yang dirilis pada Jumat malam menunjukkan, sekitar 40 ribu hektare hutan dan lahan telah terbakar oleh api. Sebanyak 81 dari 231 titik api sedang dikendalikan, sementara 151 lainnya terkendali. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA