Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mantan PM Israel: Putin Janji Tidak akan Membunuh Zelensky

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 06 Februari 2023, 08:52 WIB
Mantan PM Israel: Putin Janji Tidak akan Membunuh Zelensky
Vladimir Putin dan Naftali Bennett selama pertemuan di Sochi, pada 22 Oktober 2021/Net
rmol news logo Salah satu mediator perang Moskow dan Kyiv, yaitu mantan Perdana Menteri Israel Naftali Bennett, mengatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin pernah berjanji tidak akan membunuh pemimpin Ukraina Volodymyr Zelensky.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Berbicara di podcast dengan jurnalis Israel Hanoch Daum, yang diterbitkan pada Minggu (5/2), Bennett mengatakan dia menerima jaminan dari Putin selama kunjungan rahasianya ke Moskow di awal-awal invasi yang bertujuan untuk mediasi, bahwa nyawa presiden Ukraina tidak dalam bahaya.

"Saya bertanya, 'Apakah Anda berencana untuk membunuh Zelensky?' Dia berkata: 'Saya tidak akan membunuh Zelenskiy'," kata Bennett, seperti dikutip dari The Guardian, Senin (6/2).

Bennett mengatakan dia telah memberi tahu Zelensky tentang janji Putin.

"Dengar, saya keluar dari rapat, dia tidak akan membunuhmu," kata Bennet kepada Zelensky.

"Dia bertanya: 'Apakah kamu yakin?' Saya berkata '100 persen dia tidak akan membunuhmu," ujarnya.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba menanggapi wawancara tersebut. Lewat cuitannya di Twitter pada Minggu ia mengatakan semua tetap harus waspada dengan Putin.

"Jangan tertipu: Dia (Tuan Putin) adalah ahli pembohong," kata Kuleba, menambahkan tudingannya bahwa Putin mudah untuk mengabaikan setiap janji-janjinya.

Bennett terbang ke Moskow untuk bertemu Putin selama Sabat Yahudi dan menempatkan dirinya di garis depan upaya global untuk menghentikan perang. Tapi upaya Bennet mendamaikan Rusia-Ukraina di masa kekuasaannya yang singkat, nampaknya gagal.

Bennet adalah pemimpin yang berpihak barat pertama yang bertemu Putin di Moskow, yang berusaha menyeimbangkan kebutuhan Israel akan kerja sama Rusia untuk operasi militernya di Suriah.

Usai perannya digantikan oleh Benjamin Netanyahu, Bennett memutuskan menjauh dari politik dan kembali menjadi warga negara biasa. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA