Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kongres Peru Tolak Percepat Pemilu, Protes Meluas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 06 Februari 2023, 11:47 WIB
Kongres Peru Tolak Percepat Pemilu, Protes Meluas
Para pengunjuk rasa kembali menggelar demonstrasi di Lima, Peru pada Sabtu, 4 Februari 2023/Net
rmol news logo Protes jalanan yang berujung kekerasan kembali mencengkram ibukota Lima, Peru pada Sabtu malam (4/2) waktu setempat, setelah kardinal Katolik Roma menyuarakan kekecewaannya kepada Kongres karena menolak memajukan pemilu.

Menurut Uskup Katolik Roma, Kardinal Pedro Barreto, memajukan pemilu presiden akan dapat membantu meredakan Peru dari krisis politik, di mana selama ini demonstran yang menuntut pengunduran diri dari Presiden Dina Boluarte.

“Sungguh menyakitkan jiwa kami bahwa mereka (tidak menindaklanjuti) proposal untuk memajukan pemilihan,” kata Kardinal Pedro Barreto dalam surat yang dikirim kepada legislator, dimuat VOA News pada Minggu (5/2).

Kardinal kemudian mendesak agar Kongres dapat mempertimbangkan kembali untuk melakukan pemilu pada akhir tahun ini untuk meredakan kekerasan yang terjadi di Peru, yang telah memakan puluhan korban jiwa itu.

Namun, protes terlanjur mencuat kembali karena ribuan pengunjuk rasa berusaha mencapai Kongres Peru.

Bentrokan dengan aparat keamanan pun terjadi setelah polisi anti huru hara melepaskan tembakan gas air matanya yang membuat situasi semakin ricuh dan memanas.

Tidak ada korban jiwa atau luka-luka yang dilaporkan. Tetapi langkah yang dilakukan oleh Kongres Peru dianggap telah meredupkan prospek jalan keluar dari krisis politik yang dialami Peru. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA