Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Analis: Penutupan Kedutaan Arab Saudi dan Ceko Pertanda Buruk Bagi Taliban

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 06 Februari 2023, 15:03 WIB
Analis: Penutupan Kedutaan Arab Saudi dan Ceko Pertanda Buruk Bagi Taliban
rmol news logo Penutupan Kedutaan Besar Arab Saudi dan Ceko di Afghanistan dinilai akan mempengaruhi hubungan diplomatik Kabul di kancah internasional.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menurut seorang analis politik Sayed Javad Sijad, kehadiran misi diplomatik asing di Afghanistan sangat penting dan penutupannya akan membuat negara itu semakin dijauhi.

"Penutupan kedutaan suatu negara di negara lain berarti berkurangnya hubungan diplomatik,” ujarnya, seperti dimuat TOLO News pada Minggu (5/2).

Lebih jauh, seorang mantan diplomat Aziz Maarij sangat menyayangkan jika Afghanistan kehilangan ikatan dengan kekuatan besar Arab Saudi yang mampu menghubungkannya dengan dunia Muslim.

"Memiliki kedutaan atau memiliki hubungan diplomatik dengan Arab Saudi sebagai kekuatan besar Islam memiliki pengaruh yang vital terhadap Taliban di tingkat internasional," jelasnya.

Meski berita penutupan tersebar, tetapi Juru Bicara Taliban mengklaim bahwa  pegawai Kedutaan Saudi meninggalkan Kabul untuk tujuan pelatihan dan mereka akan segera kembali.

"Penutupan kedutaan Arab Saudi tidak benar. Diplomat mereka telah diminta untuk pelatihan satu minggu ke Arab Saudi dan akan kembali. Rumor dalam hal ini tidak benar,” katanya.

Taliban memang belum diakui oleh negara mana pun, tetapi diplomat dari China, Rusia, Turki, Pakistan, dan Iran memiliki kehadiran aktif di Kabul. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA