Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ikuti Barat, Gereja Katolik Ukraina Pindahkan Perayaan Natal dari 7 Januari ke 25 Desember

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 07 Februari 2023, 08:01 WIB
Ikuti Barat, Gereja Katolik Ukraina Pindahkan Perayaan Natal dari 7 Januari ke 25 Desember
The Ukrainian Greek-Catholic Church/Net
rmol news logo Lembaga Ukraina terus melakukan upaya untuk memutuskan hubungan budaya dengan Rusia sejak terjadinya invasi Moskow Februari tahun lalu. Salah satunya dengan memindahkan tanggal perayaan Hari Natal yang dilakukan Gereja Katolik Yunani Ukraina (UGCC).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam keterangannya pada Senin (6/2), UGCC memutuskan untuk memindahkan Natal dari 7 Januari ke 25 Desember seperti yang selama ini dilakukan di negara-negara Eropa Barat.

Langkah UGCC, yang hanya beranggotakan sepersepuluh warga Ukraina, disambut baik oleh Menteri Kebudayaan Oleksandr Tkachenko.

“Keputusan ini sesuai dengan tuntutan zaman dan opini publik,” tulisnya di Facebook mengutip hasil survei online nasional yang dilakukan pemerintah, seperti dikutip dari AFP, Selasa (7/2).

Jajak pendapat itu, yang diadakan pada Desember 2022, menunjukkan 59 persen dari lebih dari 1,5 juta responden mendukung pemindahan perayaan Natal ke 25 Desember.

Hingga saat ini, semua gereja besar di mayoritas Ortodoks Ukraina mengikuti kalender Julian, yang merayakan Natal pada 7 Januari. Itu juga merupakan tanggal di mana Rusia merayakan pesta itu. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA