Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cuaca Ekstrem, Evakuasi Korban Gempa Turki Terhambat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 07 Februari 2023, 14:02 WIB
Cuaca Ekstrem, Evakuasi Korban Gempa Turki Terhambat
Duta Besar RI untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal menunjukkan kondisi Turki/RMOL
rmol news logo Proses evakuasi korban gempa di Turki dilaporkan sulit dan berat lantaran terhambat kondisi cuaca ekstrem yang melanda.

Duta Besar RI untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal menuturkan, KBRI Ankara telah membagi tim untuk mengevakuasi WNI dari lima titik, yaitu Gaziantep, Kahramanmaras, Adana, Hatay, dan Diyarbakar. Mereka selanjutnya akan dievakuasi ke Ankara.

“Kondisi di lapangan, proses evakuasi menjadi sulit dan berat oleh pemerintah Turki karena memang magnitudo (gempa) besar, diperkirakan 10 ribu bangunan hancur. Turki juga dilanda cuaca ekstrem, dua minggu terakhir diterjang badai salju,” jelas Dubes Lalu dalam konferensi pers virtual yang digelar Kementerian Luar Negeri pada Selasa (7/2).

Dubes Lalu kemudian memperlihatkan kondisi lapangan, di mana truk-truk bantuan kemanusiaan berjajar di jalanan menuju Gaziantep yang ditutupi salju.

“Jika biasanya dari Ankara ke Gaziantep membutuhkan waktu kurang lebih 6 jam. Diperkirakan kali ini bisa memakan waktu 9 jam (jalur darat),” kata Dubes Lalu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA