Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

WHO Prediksi 23 Juta Orang Terdampak Gempa di Turki dan Suriah

LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 07 Februari 2023, 19:14 WIB
WHO Prediksi 23 Juta Orang Terdampak Gempa di Turki dan Suriah
Masyarakat Turki saat menyaksikan operasi penyelamatan gempa bumi pada Selasa, 7 Febuari 2023/AFP
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan 23 juta orang akan terkena dampak dari gempa berkekuatan 7,8 magnitudo yang mengguncang Turki pada Senin (6/2), yang juga turut menghancurkan sebagian Suriah.

Hingga Selasa (7/2), tercatat sudah ada lebih dari 5.000 orang korban jiwa akibat gempa di Turki dan Suriah.

Petugas senior WHO, Adelheid Marschang mengatakan cuaca dingin, banyaknya gempa susulan, dan bangunan yang runtuh telah membuat jutaan orang kemungkinan terkena dampak dari bencana ini.

“Peta ikhtisar peristiwa menunjukkan bahwa 23 juta orang berpotensi terpapar, termasuk sekitar lima juta populasi rentan,” kata Marschang, dimuat Turkish Minute.

Marschang dalam peringatannya menyebut masyarakat Suriah kemungkinan akan lebih banyak terkena dampak lantaran banyaknya krisis yang tengah terjadi di negara itu.

“Pergerakan bantuan melalui perbatasan ke barat laut Suriah kemungkinan besar akan atau sudah terganggu akibat kerusakan yang disebabkan gempa,” tambah Marschang.

Namun Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus sendiri telah berjanji akan terus mengirimkan bantuan jangka panjang. Ia mengatakan akan bekerja sama dengan semua mitra internasional untuk membantu Turki dan Suriah pulih dan bangkit kembali.

ARTIKEL LAINNYA