Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gempa Turki Picu Kebakaran Hebat di Pelabuhan Iskenderun, Ratusan Kontainer Hangus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 07 Februari 2023, 22:21 WIB
Gempa Turki Picu Kebakaran Hebat di Pelabuhan Iskenderun, Ratusan Kontainer Hangus
Kebakaran di Pelabuhan Iskenderun di Provinsi Hatay, Turki yang dipicu gempa pada Senin, 6 Februari 2023/Net
rmol news logo Gempa berkekuatan 7,8 magnitudo yang mengguncang Turki pada Senin (6/2) dilaporkan telah memicu kebakaran hebat di Pelabuhan Iskenderun. Ratusan kontainer hangus, sementara operasi pelabuhan dihentikan sementara.

Pelabuhan Iskenderun terletak di pantai Mediterania di Provinsi Hatay, salah satu daerah yang paling terdampak gempa di Turki bagian selatan.

Menurut agen pelayaran Turki, Tribeca, beberapa area kargo pelabuhan Limak di kompleks pelabuhan tersebut masih terbakar pada Selasa (7/2).

Rekaman drone juga menunjukkan api besar menghanguskan ratusan kontainer di dermaga. Sementara sejumlah truk pemadam berusaha mengendalikan kobaran api, dengan asap hitam tebal mengepul ke langit.

Dimuat Reuters, telah terjadi kerusakan signifikan pada logistik dan infrastruktur transportasi di Pelabuhan Iskenderun dan sekitaranya. Alhasil kapa-kapal dialihkan, dan operasi pelabuhan dihentikan total hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Di samping itu, perusahaan dan otoritas juga sedang bekerja untuk menilai potensi hilang atau rusaknya kargo akibat kejadian ini.

“Belum diketahui berapa lama upaya pemulihan akan dilakukan dan kapan pelabuhan dapat menjalani pemeriksaan penuh kerusakan,” kata kelompok pelayaran kargo, Moller Maersk.

Kebakaran hebat yang terjadi diperkirakan berasal dari sebuah kontainer berisi minyak industri yang mudah terbakar.

Pelabuhan Iskenderun menjadi salah satu pelabuhan penting di Turki yang berfokus pada perdagangan domestik. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA