Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KBRI Ankara Evakuasi 123 Orang dari Wilayah Gempa, Termasuk WN Malaysia dan Myanmar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 08 Februari 2023, 16:44 WIB
KBRI Ankara Evakuasi 123 Orang dari Wilayah Gempa, Termasuk WN Malaysia dan Myanmar
Bangunan runtuh akibat gempa yang mengguncang Turki bagian selatan pada Senin, 6 Februari 2023/Net
rmol news logo Sebanyak 123 orang di empat titik paling terdampak gempa di Turki telah dievakuasi oleh Kedutaan Besar RI (KBRI) Ankara.

Berdasarkan keterangan yang dari KBRI Ankara pada Rabu (8/2), dari 123 orang yang telah dievakuasi terdapat dua warga negara Malaysia dan seorang warga negara Myanmar.

KBRI Ankara telah membagi empat tim untuk mengevakuasi WNI yang berada di wilayah terdampak gempa, seperti Gaziantep, Kahramanmaras, Adana, Hatay, dan Dyarbakir.  

Tim KBRI Ankara yang dipimpin langsung oleh Duta Besar RI Lalu Muhamad Iqbal tiba di daerah terdampak gempa pada Selasa (7/2) pukul 21.30 waktu setempat. Mereka tiba setelah melalui perjalanan darat selama 17 jam, yang pada waktu normal hanya memakan waktu 5-6 jam.

“Alhamdulillah, sesuai perintah Presiden melalui Menlu RI, tim KBRI sudah tiba di lokasi gempa untuk menyerahkan bantuan kemanusiaan dan mengevakuasi WNI yang terdampak ke Ankara,” kata Dubes Lalu.

Data dari KBRI Ankara menunjukkan terdapat sekitar 6.500 WNI yang tinggal di seluruh Turki. Sekitar 500 orang tinggal di area gempa dan sekitarnya.

Sebagian besar WNI berstatus pelajar dan mahasiswa, dengan sebagian WNI telah menikah dengan warga setempat serta pekerja di organisasi internasional. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA