Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bukan Hanya AS, Balon Mata-mata China Juga Targetkan India Sampai Filipina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 08 Februari 2023, 19:35 WIB
Bukan Hanya AS, Balon Mata-mata China Juga Targetkan India Sampai Filipina
Balon mata-mata China di atas langit Amerika/Net
rmol news logo Di tengah ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dan China atas insiden balon mata-mata, muncul laporan terbaru bahwa Beijing menargetkan negara lain.

Laporan itu didasarkan pada wawancara The Washington Post dengan beberapa pejabat pertahanan dan intelijen secara anonim.

Menurut laporan tersebut, balon mata-mata China telah terlihat di lima benua yang berbeda sebagai upaya Beijing untuk mengumpulkan informasi tentang negara lain.

“Balon mata-mata telah mengumpulkan informasi tentang aset militer di negara-negara dan wilayah kepentingan strategis yang menarik bagi China, termasuk Jepang, India, Vietnam, Taiwan, dan Filipina, " kata The Washington Post.

Pada Sabtu (4/2), AS mengerahkan jet tempur F-22 Raptor untuk menembak jatuh balon mata-mata di atas perairan Carolina Selatan. Itu terjadi sepekan setelah balon tersebut pertama kali ditemukan dan terbang di atas situs militer AS.

China membantah balon tersebut sebagai balon mata-mata dan berdalih itu sebagai balon observasi udara yang tersesat. Beijing juga mengecam langkah AS yang menembak jatuh balon tersebut dan menyebut reaksi Washington berlebihan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA