Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Satu Kontainer Bantuan Kemanusiaan dari Indonesia Diterima Bulan Sabit Merah Turki

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 08 Februari 2023, 22:27 WIB
Satu Kontainer Bantuan Kemanusiaan dari Indonesia Diterima Bulan Sabit Merah Turki
Duta Besar RI untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada perwakilan Bulan Sabit Merah Turki atau Kizilay/Ist
rmol news logo Bantuan Pemerintah Indonesia untuk korban gempa bumi di Turki, tiba di wilayah Gaziantep. Bantuan tersebut, diserahkan melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia di Turki.

Duta Besar RI untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal menyerahkan bantuan tersebut kepada perwakilan Bulan Sabit Merah Turki atau Kizilay pada Rabu (8/2). Bantuan sebanyak satu kontainer bahan makanan tersebut tiba di Gaziantep setelah melalui perjalanan darat selama 34 jam dari Istanbul.

Lalu Muhamad Iqbal menyampaikan, bantuan tersebut merupakan instruksi Presiden Joko Widodo melalui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

"Ini adalah bantuan kemanusiaan dalam bentuk logistik pertama dari negara ASEAN yang tiba di lokasi bencana," ujar Lalu Muhamad Iqbal.

Dikatakan Lalu, Indonesia dan Turki memang punya hubungan baik dalam hal kegiatan kemanusiaan. Bahkan, saat Tsunami di Aceh tahun 2004, Turki menjadi salah satu negara yang aktif membantu.

"Turki adalah salah satu negara yang paling dahulu hadir saat bencana Tsunami Aceh 2004 dan bencana Palu 2018. Demikian pula saat wabah Covid-19 varian Delta tahun 2021, Turki juga membantu obat-obatan dan ventilator meski tidak diminta oleh Indonesia," tuturnya.

Saat ini, lanjutnya, di bawah koordinasi BNPB dan Kemlu, Pemerintah Indonesia sedang menyiapkan bantuan kemanusiaan tahap berikutnya. Bantuan kemanusiaan tersebut antara lain berupa pengiriman Tim Medium Urban Search and Rescue Basarnas, Tim Kesehatan dari Kementerian Kesehatan, TNI dan Polri serta bantuan lainnya yang sedang diidentifikasi sesuai kebutuhan.

"Bantuan tersebut akan diberangkatkan dalam beberapa hari ke depan," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA