Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Kewalahan Tangani Gempa, Suriah Minta Tolong ke Uni Eropa

LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 09 Februari 2023, 08:26 WIB
Kewalahan Tangani Gempa, Suriah Minta Tolong ke Uni Eropa
Dampak gempa Turki yang menghancurkan bangunan di Suriah/Net
Setelah gempa dahsyat menewaskan ribuan warganya, Suriah membuat permohonan bantuan resmi kepada Uni Eropa.

“Pagi ini, kami telah menerima permintaan bantuan dari pemerintah Suriah melalui mekanisme perlindungan sipil,” kata Komisaris Eropa untuk manajemen krisis, Janez Lenarcic kepada wartawan pada Rabu (8/2).

Menurut kebijakan Uni Eropa sendiri, suatu negara dapat meminta bantuan melalui mekanisme tersebut ketika bencana yang dialami telah di luar batas kemampuan negara.

Untuk itu, meski Damaskus tengah mendapatkan sanksi dari Uni Eropa, namun seperti dimuat The Peninsula, Eropa akan memberikan bantuan gempa.

Menanggapi mekanisme tersebut, Komisi Eropa dengan segera mendorong seluruh anggotanya untuk dapat mengirimkan daftar panjang kebutuhan yang diminta, seperti pasokan medis dan makanan ke Suriah.

"Mereka membutuhkan bantuan dalam upaya layanan penyelamatan untuk mencari dan menyelamatkan orang-orang yang terjebak di bawah reruntuhan. Mereka juga membutuhkan banyak barang medis dan obat-obatan serta peralatan medis, " ujar Lenarcic.

Dalam kiriman bantuannya itu, komisi Eropa akan memastikan dan mengawasi sendiri bahwa bantuan itu akan diberikan kepada masyarakat yang memang membutuhkan, dan tidak dialihkan kepada yang lain.

ARTIKEL LAINNYA