Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Abu Dhabi, UEA dan Irak Pererat Hubungan Dua Negara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 10 Februari 2023, 08:55 WIB
Di Abu Dhabi, UEA dan Irak Pererat Hubungan Dua Negara
erdana Menteri Irak Mohammed Shiaa’ al-Sudani dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed bin Zayed /Net
rmol news logo Uni Emirat Arab (UEA) dan Irak sepakat untuk mempererat hubungan bilateral kedua negara, termasuk kerja sama di berbagai bidang.

Setelah melakukan panggilan telepon pada pekan lalu,  Perdana Menteri Irak Mohammed Shiaa’ al-Sudani melakukan kunjungan resminya ke Abu Dhabi pada Kamis (9/2).

Dalam kunjungannya itu, Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed bin Zayed menyambut kedatangan PM Irak dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Irak dan menembakkan 21 peluru artilerinya di istana Qasr al-Watan.

Kedua pemimpin negara membahas hubungan kerja sama, sebagai bagian dari tindak lanjut pembicaraan mereka dalam panggilan telepon.

"Mereka akan membahas berbagai aspek kerja sama antara kedua negara, dan cara mengembangkannya untuk mencapai kepentingan bersama," tulis Kantor Berita Emirat, seperti dimuat Al Arabiya.

Pada tahun lalu, kedua negara telah menandatangani beberapa perjanjian dan investasi yang dilakukan oleh perusahaan energi bersih UEA dan Pelabuhan Abu Dhabi, yang telah membuat perdagangan antar kedua negara semakin kuat dan berkembang.

Sementara pada 2021 lalu, UEA juga telah menginvestasikan dana sebesar 3 miliar dolar AS (Rp 45 triliun) untuk memanfaatkan prospek kerja sama baru dengan Irak, dan membantu Baghdad dalam upaya pembangunan serta pertumbuhan sosial-ekonominya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA