Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tinggalkan Swedia, Finlandia Kemungkinan Segera Masuk NATO

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 10 Februari 2023, 14:23 WIB
Tinggalkan Swedia, Finlandia Kemungkinan Segera Masuk NATO
Perdana Menteri Finlandia, Sanna Marine/Net
rmol news logo Pertempuan parlemen Finlandia pada Jumat (10/2), digelar untuk membahas tawaran ratifikasi keanggotaan NATO lebih dulu dari Swedia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hasil rapat parlemen mungkin saja mengarahkan negara Nordik itu untuk menyetujui aksesi Turki di tengah desakan warga yang menginginkan Finlandia segera masuk aliansi pertahanan atlantik itu.

Mereka harus memutuskan apakah akan meratifikasi perjanjian pendirian NATO sebelum memasuki masa reses pada 3 Maret atau sebelum pemilihan parlemen pada 2 April.

Jika parlemen di kemudian hari memberikan suara untuk menyetujui perjanjian, maka Presiden harus melanjutkan aplikasi dalam waktu tiga bulan.

Segera setelah semua anggota NATO meratifikasi tawaran Finlandia, maka negara itu akan resmi menjadi anggota.

Menurut jajak pendapat terbaru yang dirilis Ilta-Sanomat pada 2 Februari lalu, menunjukkan bahwa 53 persen orang Finlandia tidak ingin Finlandia menunggu Swedia, sementara hanya 28 persen yang setuju menunggu.

Dimuat Reuters, Finlandia awalnya menegaskan untuk masuk NATO di waktu yang sama  karena Swedia merupakan sekutu pertahanan terdekat yang akan membatunya ketika diserang Rusia.

Sementara ratifikasi keanggotaan Swedia telah ditahan oleh Turki menyusul insiden pembakaran Al Quran. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA