Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terus Ditekan Rusia, PM Moldova Pilih Mundur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Sabtu, 11 Februari 2023, 08:54 WIB
Terus Ditekan Rusia, PM Moldova Pilih Mundur
Perdana Menteri Moldova Natalia Gavrilita/Net
rmol news logo Perdana Menteri Moldova Natalia Gavrilita memutuskan untuk mengundurkan diri bersama pemerintahannya di tengah gempuran tekanan dari Rusia.

Dikenal pro-Uni Eropa, Gavrilita mengundurkan diri pada Jumat (10/2). Pengunduran dirinya juga telah sampai ke Presiden Maia Sandu.

Sandu mengatakan akan berkonsultasi dengan fraksi parlemen terkait calon pengganti Gavrilita dan pemerintahan baru Moldova.

"Saya mencatat pengunduran diri Perdana Menteri Natalia Gavrilita.  Terima kasih banyak atas pengorbanan dan upaya Anda yang luar biasa untuk memimpin negara ini di saat begitu banyak krisis," kata Sandu, seperti dikutip UPI.

Gavrilita juga menumumkan pengunduran dirinya lewat video. Ia mengatakan Moldova telah memasuki fase baru, di mana keamanan menjadi prioritas.

"Jika pemerintah kami memiliki dukungan yang sama di dalam negeri seperti yang kami dapatkan dari mitra Eropa kami, kami dapat maju lebih jauh dan lebih cepat," kata Gavrilita.

Pada November, Uni Eropa mengumumkan bantuan sebesar 250 juta  dolar AS untuk Moldova mengatasi krisis energi setelah Rusia memutuskan aliran gas alam karena perang Ukraina.

Moldova adalah bekas Uni Soviet dengan populasi sekitar 2,6 juta orang. Pada Maret 2022, Moldova dan Georgia mengajukan permohonan untuk bergabung dengan Uni Eropa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA