Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komplotan Jihadis Bakar Satu Desa di Burkina Faso, 12 Warga Sipil Terbunuh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 13 Februari 2023, 17:12 WIB
Komplotan Jihadis Bakar Satu Desa di Burkina Faso, 12 Warga Sipil Terbunuh
Tentara Burkina Faso/Net
rmol news logo Sebuah desa di Sanakadougou, Burkina Faso terbakar usai diserang oleh komplotan pemberontak jihadis pekan lalu.

Menurut laporan AFP, mengutip kesaksiaan penduduk setempat pada Minggu (12/2), serangan itu telah menewaskan 12 warga dan enam lainnya terluka.

Seorang saksi mata yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan para pelaku berjumlah lebih dari sepuluh orang dan mengendarai sepeda motor.

"Belasan pria dengan sepeda motor menyerang desa Sanakadougou di provinsi Kossi pada Kamis dan Jumat malam," kata saksi mata itu.

Penduduk yang lain mengatakan, sejak desanya dibakar, penduduk setempat mulai meninggalkan daerah itu sejak Jumat (10/2).

"Hampir seluruh desa terbakar, kami tidak bisa mengambil apa-apa karena penyerang membakar semuanya atau menjarah dan membawa barang-barang langka dan ternak," jelasnya.

Dalam sepekan terakhir, sekitar 40 orang, terdiri dari warga sipil dan tentara, tewas dalam berbagai serangan serangan jihadis.

Salah satu negara termiskin di dunia, Burkina Faso telah diguncang oleh pemberontakan jihadis yang meluas dari negara tetangga Mali pada tahun 2015.

Ribuan orang terbunuh, lebih dari dua juta orang telah meninggalkan rumah mereka dan sekitar 40 persen wilayah negara berada di luar kendali pemerintah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA