Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Spanyol jadi Negara Eropa Pertama Berlakukan Cuti Menstruasi Berbayar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 17 Februari 2023, 14:12 WIB
Spanyol jadi Negara Eropa Pertama Berlakukan Cuti Menstruasi Berbayar
Ilustrasi/Net
rmol news logo Spanyol akan menjadi negara pertama di Eropa yang memperkenalkan cuti menstruasi berbayar. Aturan tersebut juga telah disahkan dalam bagian UU hak reproduksi.

Pengesahan dilakukan pada Kamis (16/2). Sebanyak 185 anggota parlemen memberikan dukungan dan 154 menolak.

Menurut Menteri Kesetaraan Irene Montero, UU akan diberlakukan dalam beberapa hari mendatang.

“Ini belum berakhir ketika UU ini berlaku.  Akan ada penolakan, jadi kami harus bekerja keras untuk memastikan itu diterapkan di semua tingkatan,” kata Irene Montero.

Berdasarkan laporan dari The Irish Examiner, UU itu dapat memberi pekerja perempuan hak untuk cuti menstruasi selama tiga hari, yang juga dapat diperpanjang menjadi lima hari, jika menstruasi terbukti parah dengan catatan dari dokter.

Spanish Gynecological and Obstetric Society mencatat, sepertiga wanita di Spanyol mengalami dismenore atau nyeri haid, yang menjadi salah satu pemicu UU ini diberlakukan.

Selain itu wanita yang mengalami keguguran atau melakukan aborsi dan tidak dapat bekerja, juga berhak mendapatkan cuti berbayar ini.

Di dalam UU tersebut, pemerintah turut mengizinkan anak perempuan melakukan aborsi tanpa izin orang tua sejak usia 16 tahun.

Namun mereka juga akan mewajibkan pendidikan seksual berkualitas di sekolah dalam upaya memberikan edukasi dan langkah-langkah pendampingan yang baik kepada anak-anak remaja. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA