Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pimpin Pertemuan RI-China, Menlu Retno Dorong Penguatan Kerja Sama Perdagangan dan Investasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 22 Februari 2023, 19:04 WIB
Pimpin Pertemuan RI-China, Menlu Retno Dorong Penguatan Kerja Sama Perdagangan dan Investasi
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri China, Qin Gang selama Joint Commission for Bilateral Cooperation (JCBC) ke-4 di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta pada Rabu, 22 Februari 2023/Ist
rmol news logo Sebagai mitra ekonomi terbesar di Indonesia, penguatan kerja sama perdagangan dan investasi dengan China perlu terus ditingkatkan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ini yang disorot oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi ketika memimpin sidang Joint Commission for Bilateral Cooperation (JCBC) ke-4 di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta pada Rabu (22/2).

Retno mengungkapkan bahwa hubungan dagang kedua negara sudah semakin seimbang sehingga diperlukan regulasi yang mampu menghapus hambatan kerja sama tersebut.

"Dalam pertemuan secara khusus saya sampaikan permintaan agar berbagai hambatan dagang diatasi," ujarnya.

Retno juga menyoroti pentingnya penguatan investasi China di Indonesia. Terlebih China merupakan investor nomor satu di Indonesia selama Kuartal terakhir tahun 2022.

Isu terkait pemanfaatan tenaga kerja Indonesia, perlindungan lingkungan, dan investasi hijau yang berkualitas juga ikut disampaikan Retno dalam pertemuan.

Sidang JCBC ke-4 cukup spesial karena dihadiri langsung oleh Menteri Luar Negeri China yang baru, Qin Gang. Ia melakukan kunjungan pertamanya ke Asia setelah resmi dilantik pada akhir tahun lalu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA