Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hubungan dengan AS Makin Tegang, China Bisa Merapat ke Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 23 Februari 2023, 18:32 WIB
Hubungan dengan AS Makin Tegang, China Bisa Merapat ke Rusia
Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin/Net
rmol news logo Buruknya hubungan China dan Amerika Serikat (AS) dapat menjadi momentum yang mendekatkan Beijing dengan Moskow.

Gurubesar Ilmu Hukum Internasional Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana berpendapat, China sedang tidak berhubungan baik dengan AS, terutama karena masalah balon udara baru-baru ini.

Jika ketegangan terus meningat, kata Hikmahanto, maka China bisa saja mendekatkan diri dengan Rusia yang juga memiliki hubungan tidak baik dengan AS karena ikut campur dalam perang di Ukraina.

"Bisa saja China merapat ke Rusia. Di mana Rusia saat ini juga sedang berkonflik dengan AS dalam masalah Ukraina," ujarnya kepada Kantor Berita Politik RMOL pada Kamis (23/2).

Keberpihakan China terhadap Rusia dan permusuhan keduanya dengan AS dikhawatirkan menjadi awal dari Perang Dunia Ketiga.

Tetapi di sisi lain, menurut pengamat hubungan internasional dari Universitas Padjajaran, Teuku Rezasyah, Perang Dunia Ketiga Tidak akan terjadi karena seluruh negara telah menyadari besarnya dampak perang bagi peradaban manusia.

"Perang Dunia Ketiga tak akan terwujud. Semua aktor sadar akan risiko Mutually Assured Destruction (MAD). Sekecil apapun kekuatan nuklir digunakan akan menghancurkan peradaban manusia," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA