Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Joe Biden Calonkan Ajay Banga sebagai Kepala Bank Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 24 Februari 2023, 08:12 WIB
Joe Biden Calonkan Ajay  Banga sebagai Kepala Bank Dunia
Ajay Banga/Net
rmol news logo Amerika Serikat menominasikan mantan kepala eksekutif MasterCard Ajay Banga untuk menjadi pimpinan Bank Dunia berikutnya. Pengumuman pencalonan pria India-Amerika itu disampaikan Presiden AS Joe Biden pada Kamis (23/2) waktu setempat.

Saat mengumumkan pencalonan Banga, Biden merujuk pengalaman eksekutif perbankan itu dalam mengatasi perubahan iklim dan inklusi keuangan, di antara tantangan global lainnya.

“Ajay adalah paket lengkap yang unik untuk memimpin Bank Dunia pada saat kritis dalam sejarah ini,” kata Biden, seperti dikutip dari AFP, Jumat (24/2).

Biden menambahkan, Banga memiliki pengalaman memobilisasi sumber daya publik-swasta untuk mengatasi tantangan paling mendesak, termasuk perubahan iklim.

Pencalonan Banga dilakukan seminggu setelah Presiden Bank Dunia saat ini, David Malpass, mengumumkan rencana untuk mundur lebih cepat dari jabatannya yang akan berakhir pada 2024.

Malpass, yang dinominasikan di bawah mantan presiden Donald Trump, menghadapi kritik tahun lalu karena menimbulkan keraguan setelah menyatakan bahwa bahan bakar fosil memperburuk perubahan iklim. Dia kemudian mengatakan bahwa dirinya telah salah bicara.

Banga  merupakan pria kelahiran India yang pertama yang menjadi calon kepresidenan Bank Dunia.  Saat ini dirinya menjabat sebagai wakil ketua perusahaan ekuitas General Atlantic.

Menteri Keuangan Janet Yellen mengatakan pengalaman Banga selama 30 tahun di dunia perbankan akan membantu Bank Dunia membuat terobosan untuk menghilangkan kemiskinan ekstrim dan tantangan lainnya.

“Dia memiliki keterampilan kepemimpinan dan manajemen yang tepat, pengalaman hidup dan bekerja di pasar negara berkembang, dan keahlian keuangan untuk memimpin Bank Dunia pada saat kritis dalam sejarahnya, mewujudkan tujuan pembangunan intinya dan mengembangkan bank untuk menghadapi tantangan global seperti iklim. berubah,” kata Yellen.

AS adalah pemegang saham terbesar di Bank Dunia, dengan 16,57 persen modal sahamnya.

Bank Dunia mengatakan akan menerima aplikasi hingga 29 Maret. Setiap presiden Bank Dunia sejak awal tahun 1944 adalah warga negara AS. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA