Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Setahun Perang Rusia-Ukraina, Puluhan Gereja di Belanda Bunyikan Lonceng untuk Perdamaian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 25 Februari 2023, 14:01 WIB
Setahun Perang Rusia-Ukraina, Puluhan Gereja di Belanda Bunyikan Lonceng untuk Perdamaian
Para pengunjuk rasa berkumpul di Amsterdam pada 24 Februari 2023, tepat satu tahun peringatan invasi Rusia di Ukraina. Mereka menyerukan diakhirinya perang di Ukraina dan penarikan Rusia dari negara itu/Net
rmol news logo Warga Belanda ikut memperingati satu tahun invasi Rusia ke Ukraina. Sekitar seribu orang terlihat berkumpul di Dam Square Amsterdam untuk menyampaikan protes atas agresi Moskow tepat di hari peringatan, 24 Februari.

NL Times
melaporkan, pawai dimulai pada Jumat sore (24/2) di Museumplein, di mana Rusia memiliki kantor perwakilan perdagangan. Sebagian besar peserta adalah wanita Ukraina, ada juga beberapa anak dengan bendera Ukraina di wajah mereka.

Beberapa gereja juga mengadakan doa untuk perdamaian. Bahkan sejak malam sebelumnya, lonceng gereja berbunyi di lebih dari lima puluh kota di Belanda.

Walikota Amsterdam Rutger Groot Wassink yang ikut dalam pawai ikut menyinggung peran pemimpin Rusia yang harus bertanggung jawab atas konflik yang telah menimbulkan banyak korban jiwa.

"Presiden Rusia Vladimir Putin adalah seorang pemimpin kriminal yang bertanggung jawab atas satu tahun pertumpahan darah," kata walikota itu, seperti dikutip dari NL Times, Sabtu (25/2).

"Kota Amsterdam akan melanjutkan dukungannya yang tak tergoyahkan untuk rakyat Ukraina," ujarnya.

Demonstrasi diorganisir oleh beberapa kelompok, termasuk Yayasan Ukraina di Belanda, Amnesti Internasional dan organisasi perdamaian Pax.

Tak hanya di Amsterdam, beberapa wilayah di Belanda juga melakukan aksi serupa, termasuk ribuan orang Ukraina di Jaarbeurs, Utrecht yang berkumpul untuk menyaksikan Presiden Volodymyr Zelensky dan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte berpidato melalui pesan video. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA