Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Untuk Pertama Kalinya Sejak 2016, Kapal Komersial Berlabuh di Hodeidah Yaman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 27 Februari 2023, 14:16 WIB
Untuk Pertama Kalinya Sejak 2016, Kapal Komersial Berlabuh di Hodeidah Yaman
Seorang tentara penjaga pantai berdiri di atas kendaraan patroli sementara sebuah kapal komersial menurunkan kontainer di pelabuhan Hodeidah, Laut Merah yang dikuasai Houthi, Yaman, pada Sabtu, 25 Februari 2023/Net
rmol news logo Kapal kontainer yang membawa barang-barang komersial berlabuh di pelabuhan utama Hodeidah Yaman pada akhir pekan lalu. Itu merupakan kapal komersil pertama yang datang sejak dimulainya perang pada 2016 dan setelah proses gencatan senjata yang ditengahi PBB baru-baru ini.

Dimuat Zawya News pada Minggu (26/2), Kapal kargo komersial SHEBELLE berbendera Ethiopia, diberikan izin berlabuh oleh badan inspeksi PBB, Mekanisme Verifikasi dan Inspeksi untuk Yaman (UNVIM) pada Sabtu (25/2).

Kepala Perusahaan Pelabuhan Laut Merah yang dikelola Houthi,  Muhammad Abu-Bakr bin Ishaq mengatakan awalnya UNVIM hanya mengizinkan kapal dengan pengiriman tertentu di Hodeidah.

Tetapi saat ini UNVIM telah memberikan izin untuk semua jenis pengiriman, tetapi tetap bersiap dengan pemeriksaan ketat terhadap kargo tersebut.

Seorang pejabat di pemerintah Yaman yang diakui secara internasional mengatakan pemberian akses ke kapal komersial adalah langkah membangun kepercayaan untuk mendukung pembicaraan gencatan senjata antara Saudi-Houthi yang berakhir Oktober lalu.

Perang selama tujuh tahun terakhir telah menewaskan puluhan ribu orang, menghancurkan ekonomi Yaman dan membuat jutaan orang kelaparan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA