Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Iran Bebaskan Wanita Spanyol yang Ditahan di Negaranya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 27 Februari 2023, 16:10 WIB
Iran Bebaskan Wanita Spanyol yang Ditahan di Negaranya
Ana Baneira Suarez, perempuan berkebangsaan Spanyol yang ditahan di Iran/Middle East Monitor/Net
rmol news logo Seorang wanita berkebangsaan Spanyol telah dibebaskan dari penjara Iran. Pemerintah Spanyol pada Minggu (27/2), telah mengkonfirmasi pembebasan wanita bernama Ana Baneira Suarez yang pernah mengikuti protes anti-pemerintah yang meluas di Iran pada September lalu.

Suarez ditangkap oleh otoritas Iran atas tuduhan spionase, dan menjalani penahanan selama tiga bulan.

"Dia dibebaskan (Sabtu) kemarin, tapi kami tidak ingin mengumumkannya secara terbuka sebelum pesawat Suarez  lepas landas dari Iran," kata Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Albares, yang dimuat Telegraph India.

Menurut Menlu Albares, saat ini mantan tahanan Iran itu sedang dalam perjalanan pulang dari Teheran ke barat laut Spanyol, tempat tinggalnya, dan dipastikan dalam kondisi yang baik.

Santiago Sanchez Cogedor, warga negara Spanyol yang lain, saat ini masih dalam tahanan Iran. Albares dalam pernyataannya menyayangkan hal itu dan berharap agar Santiago bisa segera dibebaskan oleh otoritas Iran.

"Hari ini adalah hari yang bahagia, tetapi kebahagiaan kami akan lengkap ketika Santiago juga dibebaskan," tambah Albares.

Pihak Iran sendiri belum menanggapi permintaan komentar atas pembebasan warga asing yang dikembalikan ke negara asalnya.

Iran sebelumnya menyalahkan musuh asing atas demonstrasi yang meletus di negaranya, setelah wanita Kurdi bernama Mahsa Amini tewas. Negara itu pun banyak menangkap masyarakat asing yang diduga menjadi mata-mata yang terkait dengan aksi protes tersebut. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA