Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Meski Ditekan AS, Brasil Tetap Izinkan Dua Kapal Perang Iran Berlabuh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 28 Februari 2023, 18:20 WIB
Meski Ditekan AS, Brasil Tetap Izinkan Dua Kapal Perang Iran Berlabuh
Presiden Brasil Lula Da Silva/Net
rmol news logo Brasil telah mengizinkan dua kapal Iran untuk berlabuh di Rio de Janeiro, meski terdapat tekanan dari Amerika Serikat (AS).

Dua kapal tersebut bernama IRIS Makran dan IRIS Dena. Menurut otoritas pelabuhan Rio de Janeiro, terdapat arahan untuk membiarkan dua kapal itu masuk ke kawasan mereka pada Minggu pagi (26/2) waktu setempat.

Laporan Reuters pada Senin (27/2) menyebut, awalnya Brasil menolak permintaan Iran pada akhir Januari agar mengizinkan kapal-kapal itu berlabuh di Rio de Janeiro.

Penolakan Brasil disinyalir karena waktunya berdekatan dengan rencana kunjungan Presiden Lula Da Silva ke Washington untuk bertemu dengan Presiden Joe Biden pada 10 Februari lalu.

Namun sepulang Lula dari AS, kapal-kapal Iran akhirnya diberi izin berlabuh.

Menurut surat kabar lokal, persetujuan kapal Iran diberikan oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Brasil, Carlos Eduardo Horta Arentz antara 26 Februari dan 4 Maret.

Carlos menjelaskan, izin diberikan setelah adanya perintah dari Kementerian Luar Negeri, yang juga mempertimbangkan petisi dan logistik kedutaan.

Kehadiran kapal perang Iran di pantai Brasil terus mengganggu AS. Washington khawatir jika Teheran berusaha membangun hubungan yang lebih dekat dengan pemerintahan Lula, yang baru menjabat pada 1 Januari lalu.

Terlebih diplomasi dengan Iran adalah salah satu sorotan dari upaya Lula untuk meningkatkan kedudukan internasional Brasil selama masa jabatan sebelumnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA