Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jaga Kelestarian Hewan, Sebuah Kuil di India Gunakan Robot Gajah untuk Upacara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 01 Maret 2023, 09:25 WIB
Jaga Kelestarian Hewan, Sebuah Kuil di India Gunakan Robot Gajah untuk Upacara
Gajah mekanik diharapkan dapat membantu melakukan ritual dan festival adat/Net
rmol news logo Ada yang unik di sebuah kuil di negara bagian Kerala, India. Sebuah robot gajah seukuran aslinya hadir untuk menyambut para jemaah yang datang untuk beribadah.

Robot gajah tersebut dipersembahkan oleh kelompok hak asasi hewan Peta. Ini menggantikan gajah asli yang biasanya dipelihara kuil India, khususnya di Kerala dan negara bagian selatan lainnya yang biasa dipelihara untuk tujuan keagamaan dan menggunakannya dalam prosesi festival.

Para aktivis hak-hak binatang telah lama menuntut diakhirinya tradisi ini, dengan mengatakan bahwa itu merupakan kekejaman, terutama ketika gajah dikelilingi oleh kerumunan yang ribut dan petasan yang meledak.

Terbuat dari besi dan karet, Irinjadappilly Raman, gajah mekanik baru yang tiba di kuil pada Minggu (26/2) tampak sangat hidup, dengan mata ekspresif dan belalai serta ekor yang bergerak. Empat roda terpasang sehingga robot gajah itu mudah dipindahkan.

Sebuah upacara dilakukan di Kuil Irinjadappilly Sree Krishna dekat Thrissur, di mana gajah baru tersebut disambut oleh kepala pendeta setelah berdoa.

“Kami sangat senang dan berterima kasih menerima gajah mekanik ini yang akan membantu kami melakukan ritual dan festival kami dengan cara yang bebas dari kekejaman, dan kami berharap kuil lain juga akan berpikir untuk mengganti gajah hidup untuk ritual,” kata Kepala Pendeta Rajkumar Namboothiri, seperti dikutip dari The National, Rabu (1/3).

Jurnal Project Elephant dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melaporkan ada lebih dari 2.600 gajah penangkaran di negara bagian India ini. Dari jumlah tersebut, sekitar 1.821 dimiliki secara pribadi dan digunakan untuk tujuan wisata, hiburan dan keagamaan.

Gajah-gajah ini biasanya hidup dalam kondisi yang buruk. Mereka dirantai, jarang berolahraga, diberi makan dengan pola makan yang tidak tepat, dan dipelihara di lingkungan yang bising.

“Banyak yang menderita penyakit kaki yang sangat menyakitkan dan luka kaki karena dirantai ke beton selama berjam-jam, dan sebagian besar tidak mendapatkan makanan, air, atau perawatan hewan yang memadai, apalagi kehidupan alami,” kata Peta.

Meskipun perdagangan komersial gajah dilarang di India, celah dalam undang-undang perlindungan satwa liar berarti gajah terus dipelihara: Undang-Undang Perlindungan Satwa Liar tahun 1972 membuat pengecualian untuk gajah yang “berbakat” atau “diwariskan”, sebuah klausul yang dimanfaatkan oleh pemilik gajah untuk perdagangan ilegal.

“Frustrasi di penangkaran menyebabkan gajah berkembang dan menampilkan perilaku abnormal,” kata Peta.

“Pada akhirnya, gajah yang frustrasi sering membentak dan mencoba membebaskan diri, mengamuk dan melukai manusia, hewan lain, dan harta benda," lanjutnya.

Gajah yang ditangkap membunuh 526 orang di Kerala dalam periode 15 tahun, kata Peta, mengutip angka yang dikumpulkan oleh Satuan Tugas Satwa Warisan.

Thechikkattukavu Ramachandran, seekor gajah yang telah di penangkaran selama sekitar 40 tahun dan merupakan salah satu yang paling sering digunakan di sirkuit festival Kerala, dilaporkan telah membunuh 10 orang serta tiga gajah. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA