Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dampak Kekeringan Parah, Petani Argentina Tuntut Penurunan Pajak Ekspor

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 01 Maret 2023, 17:45 WIB
Dampak Kekeringan Parah, Petani Argentina Tuntut Penurunan Pajak Ekspor
Protes yang dilakukan petani di Argentina di Provinsi Santa Fe pada Selasa, 28 Februari 2023/Net
rmol news logo Sejumlah petani di Argentina melakukan aksi demonstrasi akibat kekeringan parah yang melanda negara tersebut. Mereka menuntut penurunan pajak dan nilai tukar untuk ekspor produk pertanian.

Aksi demonstrasi terjadi di Provinsi Santa Fe pada Selasa (28/2), dipimpin oleh Federasi Pertanian (FAA) bersama dengan dua asosiasi petani, yaitu CRA dan Coninagro.

Presiden FAA Carlos Achetoni menyebut pihaknya meminta agar Presiden Alberto Fernandez mengurangi beban kebijakan perdagangan intervensionis dan penghapusan pajak ekspor, karena mereka menderita kekeringan terburuk dalam 60 tahun.

"Kami telah memperingatkan bahwa kekeringan adalah situasi sulit bagi petani," kata Achetoni, seperti dimuat Reuters.

Achetoni juga meminta pemerintah agar menangguhkan tuntutan hukum terhadap petani atas kepemilikan kembali tanah mereka karena ketidakmampuan mereka untuk membayar utang.

Kontrol modal Argentina telah mendorong membuat dolar AS lebih mahal dua kali lipat di pasar mata uang informal, dibanding kurs resmi yang dikontrol ketat.

Akibatnya kontrol itu menciptakan disinsentif bagi petani yang mengekspor produknya, karena pendapatan dalam dolar harus dikonversi kembali ke mata uang peso lokal dengan kurs resmi yang lebih rendah.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA