Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Blinken Enggan Bertemu Menlu China dan Rusia di Perhelatan G20 India

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 02 Maret 2023, 10:17 WIB
Blinken Enggan Bertemu Menlu China dan Rusia di Perhelatan G20 India
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken/Net
rmol news logo Menjelang pertemuan para Menteri Luar Negeri G20 di India, Menlu Amerika Serikat Antony Blinken mengaku enggan bertemu dengan timpalannya dari Rusia dan China.

Hal tersebut diungkapkan Blinken selama kunjungan singkatnya di Uzbekistan pada Rabu (1/3), sebelum berangkat menuju New Delhi untuk pertemuan G20.

Blinken mengatakan, di perhelatan tersebut ia pasti akan berjumpa dengan Menlu Rusia Sergei Lavrov dan Menlu China Qin Gang, tetapi ia mengaku tidak memiliki rencana untuk mengadakan pertemuan secara khusus.

"Tidak ada rencana untuk bertemu (menteri luar negeri China atau Rusia) di G20, meskipun saya menduga bahwa kita pasti akan berada dalam sesi kelompok bersama-sama,” ujarnya, seperti dimuat AFP.

AS terlibat dalam kegiatan diplomatik untuk terus  menggalang dukungan dunia agar menentang invasi Rusia ke Ukraina yang dimulai lebih dari setahun yang lalu.

Semantara itu, Lavrov disebut akan bertemu setidaknya tujuh menteri luar negeri sebelum India menjadi tuan rumah jamuan makan malam untuk delegasi dari 40 negara.

Pertemuan utama para Menlu G20 akan mulai diadakan pada Kamis (2/3). rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA