Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sama-sama Prihatin, China dan Belarus Sepakat Dorong Perdamaian di Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 02 Maret 2023, 12:48 WIB
Sama-sama Prihatin, China dan Belarus Sepakat Dorong Perdamaian di Ukraina
Presiden China Xi Jinping berjabat tangan dengan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko di Beijing pada Rabu, 1 Maret 2023/Net
rmol news logo Dalam sebuah pernyataan bersama, China dan Belarusia sepakat untuk bekerja sama mendorong perdamaian di Ukraina.

Kesepakatan itu dibuat setelah Presiden Belarusia Aleksander Lukashenko melakukan kunjungan ke Beijing untuk bertemu Presiden China Xi Jinping pada Rabu (1/3).

Kedua negara turut prihatin dengan situasi dan kondisi perang di Ukraina yang berlangsung lebih dari satu tahun.

“(Mereka) menyatakan keprihatinan yang mendalam tentang perkembangan konflik bersenjata di kawasan Eropa dan sangat mendorong pembentukan perdamaian secepat mungkin di Ukraina,” bunyi pernyataan tersebut, seperti dimuat Al-Arabiya.

Sementara itu, Presiden Xi menyatakan bersedia bekerjasama dengan Lukashenko untuk mempromosikan perkembangan hubungan bilateral yang sehat dan stabil di tingkat tertinggi.

Xi juga meminta keduanya saling mendukung dalam menjaga kepentingan negara mereka sendiri, menentang campur tangan kekuatan eksternal dalam urusan dalam negeri, dan menjaga kedaulatan serta keamanan politik kedua negara.

Selain membahas masalah Ukraina, Xi dan Lukashenko juga menandatangani sejumlah dokumen kerjasama bilateral di bidang ekonomi dan perdagangan, industri, pertanian, sains dan teknologi, kesehatan, pariwisata serta olahraga. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA