Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Resmi Jadi Ketua MIKTA, Ini Tiga Prioritas Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 02 Maret 2023, 23:13 WIB
Resmi Jadi Ketua MIKTA, Ini Tiga Prioritas Indonesia
Pertemuan anggota MIKTA yang diselenggarakan di New Delhi, India, pada Kamis, 2 Maret 2023/Ist
rmol news logo Indonesia resmi menjadi ketua MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, Australia) untuk periode satu tahun ke depan, setelah Turki menyerahkan tongkat estafetnya.

Dalam acara serah terima yang dilakukan di New Delhi, India pada (2/3),  Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan tiga hal yang menjadi prioritas dari keketuaan Indonesia di MIKTA.

Pertama, ia mengatakan Indonesia akan memperkuat multilateralisme MIKTA untuk mendorong keamanan, stabilitas, dan kemakmuran bersama.

“Indonesia percaya bahwa multilateralisme merupakan cara terbaik untuk memastikan semua negara berdiri sama tinggi dan mencegah kesewenang-wenangan pihak yang berkuasa,” kata Menlu.

Prioritas kedua dari keketuaan Indonesia akan fokus pada pemulihan yang inklusif di tengah banyaknya tantangan global yang dialami oleh para anggota MIKTA.

“Tujuan Pembangunan Berkelanjutan tetap menjadi agenda inti MIKTA yang diperkuat  dengan dialog inklusif bersama mitra-mitra eksternal,” jelas Retno.

Terakhir, ia menjabarkan transformasi digital yang juga akan menjadi prioritas ketiga Indonesia selama menjadi ketua MIKTA.

Menurut Retno, digitalisasi saat ini merupakan hal paling penting untuk membuat masa depan ekonomi MIKTA lebih sejahtera. Karena, menurutnya, lewat digitalisasi akan dapat  menciptakan banyak peluang besar, dan tidak lupa juga berbagai tantangannya.

Untuk itu, ia berharap, dengan meneruskan tongkat estafet kepemimpinan MIKTA ini, Indonesia yang saat ini juga memegang keketuaan ASEAN, dapat menjadi jembatan dan kekuatan positif di kancah politik global.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA